Persik Kediri Jalin Kolaborasi Strategis Dengan SKASports

Diposting oleh Tim Redaksi Persik15 Mar 2024, 22:53

Keduanya bersama mengumumkan bahwa mereka telah menjalin KOLABORASI STRATEGIS, dengan fokus utama peningkatan area digital, aspek olahraga dan komersial Persik Kediri.

Foto: persik-kediri-jalin-kolaborasi-strategis-dengan-skasports

PERSIK KEDIRI, yang dikenal sebagai MACAN PUTIH (THE WHITE TIGERS), merupakan klub sepak bola professional di Indonesia dibawah naungan PT Kediri Djajati Perkasa. Persik Kediri telah berdiri selama 73 tahun dan berbasis di Kediri, Jawa Timur. Persik Kediri telah menjadi juara Liga Indonesia sebanyak dua kali dan juga memiliki pengalaman berkompetisi di Liga Champions AFC.

SKASPORTS INVESTMENTS PRIVATE LIMITED, sebuah entitas sepenuhnya dimiliki oleh warga negara India, yang berkomitmen untuk mengembangkan jangkauan olahraga secara global dengan fokus pada bisnis olahraga.

Keduanya bersama mengumumkan bahwa mereka telah menjalin KOLABORASI STRATEGIS, dengan fokus utama peningkatan area digital, aspek olahraga dan komersial Persik Kediri.

PERSIK KEDIRI didirikan pada tahun 1950. Mereka menjadi juara sepak bola Indonesia dua kali pada tahun 2003 dan 2006. Persik Kediri telah berpartisipasi dalam Liga Champions AFC pada tahun 2004 dan 2007.

PERSIK KEDIRI menggelar pertandingan di Stadion Brawijaya, Kediri, yang dapat menampung hingga 12.000 penonton. Meskipun bermain di Stadion Brawijaya, Persik Kediri berharap pindah ke stadion baru pada musim 2025-26 yang saat ini sedang dalam pembangunan di Kabupaten Kediri. Stadion baru ini adalah stadion khusus sepak bola dan memiliki kapasitas 15.000 penonton serta dibangun sesuai dengan standar Kompetisi FIFA dan AFC.

Saat ini, Persik Kediri berada di posisi keenam dalam kompetisi Liga 1 Indonesia dari 18 tim yang berlaga, dan merupakan salah satu klub dengan peningkatan prestasi yang baik sejak 1 (satu) tahun terakhir.

Pemain muda yang diasuh oleh akademi Persik Kediri aktif berpartisipasi dalam Liga usia muda di Indonesia. Selain itu, pengembangan terus dilakukan sebagai upaya untuk menemukan bakat dan mengembangkan pemain lokal. Kedepannya, klub juga memiliki rencana untuk membentuk tim wanita

Persik Kediri merupakan klub pertama di Indonesia yang suporternya memiliki badan hukum resmi dibawah Aliansi Suporter Persik Kediri. Persik Kediri adalah klub yang selama ini selalu menjaga suportivitas dan menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi siapa saja yang menonton pertandingan Persik Kediri secara langsung di Stadion.

SKASPORTS INVESTMENTS PVT LTD, didirikan oleh ROHIT RAMESH DAN SUDHIR MENON. Merupakan Perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis olahraga, dan properti, serta pengembangan keseluruhan ekosistem olahraga. Pada bulan Agustus 2023, SKASPORTS s menjadi entitas India pertama yang menjalin Kerjasama strategis dengan klub sepak bola Asia Tenggara, melalui tim Liga Premier Kamboja, Angkor Tiger FC yang berbasis di Siem Reap, setelah sebelumnya melakukan pengembangan olahraga di India melalui SportCast Inc.

PT KEDIRI DJAJATI PERKASA dimiliki mayoritas oleh PT ASTAR ASIA GLOBAL (AAG), dengan tokoh sentralnya yakni, Kapten Persik Kediri saat ini, yaitu ARTHUR IRAWAN. Arthur Irawan memiliki pengalaman bermain lebih dari 14 pertandingan di Segunda B Spanyol untuk Espanyol dan Malaga. Selain itu, Arthur juga telah berpartisipasi dalam lebih dari 50 pertandingan di liga utama Indonesia.
Diketahui juga bahwa GADING MARTEN, seorang entertainer/aktor dari Indonesia saat ini menjabat sebagai Presiden Persik Kediri.

Melalui perjanjian kemitraan ini, kedua entitas akan bekerja sama dengan fokus pada 4 area utama:
1. Pengembangan Aset digital Persik Kediri,
2. kerjasama di area komersial dan infrastruktur olahraga,
3. Pengembangan nilai olahraga Persik Kediri,
4. Pengembangan Usia Muda persik Kedir

HANINDITO HIMAWAN PRAMANA, BUPATI KABUPATEN KEDIRI, mengatakan, “Kami menyambut baik jalinan kerjasama antara Persik Kediri dengan SKASports Investment. Ini adalah kali pertama klub profesional menjalani kerjasama strategis dengan entitas asing, tentunya dengan adanya persamaan sejarah budaya antara India dan Kediri yang dulunya juga sentuhan Hindu Siwa melalui kerajaan Daha dan Kerajaan Kediri akan memberikan impact positive terhadap area sosial dan pariwisata, yang kali ini dilakukan melalui sepakbola. Terlebih sekarang Kediri telah memiliki bandara Internasional yang dibanggakan dan juga tidak lama lagi Stadion berstandarisasi FIFA akan hadir di Kediri."

ARTHUR IRAWAN, KAPTEN TIM PERSIK KEDIRI FC, mengatakan, "Ketika berbicara tentang pengembangan klub Persik Kediri, kami berkomitmen untuk tidak melakukannya dengan setengah hati, baik aspek teknis juga bisnis. Kolaborasi kami dengan SkaSport membuka berbagai peluang dalam pengembangan aspek bisnis, untuk mewujudkan target Persik Kediri agar dikenal secara Internasional. Pemberitaan terkait Persik Kediri akan semakin terdengar di panggung Asia. Tentu saja, untuk mencapai ini, akan memerlukan kerja keras, terutama dalam meningkatkan kualitas permainan kami di kompetisi Liga Indonesia”

GADING MARTEN, PRESIDEN PERSIK KEDIRI, mengatakan, “Indonesia telah menjadi pasar untuk sepakbola Eropa dan berbagai liga lainnya. Saat ini, Persik Kediri berusaha memasuki panggung global, dan kami memulai langkah ini dengan bermitra bersama SkaSport. Kami bersama-sama berupaya mencapai kesuksesan bersama, agar Persik Kediri dapat meningkatkan profesionalismenya di kancah internasional”

SOURAIYA FARINA AL HADDAR, DIREKTUR PERSIK KEDIRI FC, mengatakan bahwa "Kemitraan antara Persik Kediri dan Ska Sport adalah bagian dari upaya klub untuk menciptakan ekosistem baru untuk pengembangan sepak bola Indonesia, dan Kediri secara khusus. Skasports melalui holding company nya memiliki pengalaman panjang dalam bisnis olahraga, media, dan area digital. Ini akan memberikan nilai tambah bagi Persik Kediri yang memiliki target bermain di tingkat kompetisi Asia."

ROHIT RAMESH, DIREKTUR SKASPORTS, mengatakan, "Kami sangat senang dengan kemitraan strategis kami dengan Persik Kediri. Sebuah klub yang kaya akan sejarah dan bersama-sama kami berkomitmen untuk menjadikannya salah satu klub terbaik di Asia. Kami yakin kolaborasi ini akan membawa prestasi yang lebih besar dan membentuk kerja sama yang lebih erat antara India dan Indonesia.”

SUDHIR MENON, DIREKTUR SKASPORTS, mengatakan, “Ini merupakan momen yang membanggakan bagi kami sebagai perusahaan olahraga dari India, hadir di pasar sepakbola terbesar di Asia Tenggara. Standar dan kualitas sepakbola Indonesia telah meningkat pesat. Dengan Persik Kediri, kami menemukan mitra dan tim yang memiliki ambisi serta keinginan untuk menjadi kekuatan olahraga di tingkat Asia dan global. Bersama-sama, kami akan bekerja untuk mencapai tujuan tersebut.”

Kata Kunci:

-
Bagikan